Tuesday, June 17, 2008

Hikam Syeikh Mahmud al-Kurdi

- Seorang murid adalah orang yang menyembelih nafsunya (dengan pedang mujahadah).
- Syeikh Mahmoud Al Kurdy ra berkata: Syekh adalah orang meningkatkanmu (dekat kepadaNYA) dengan sirnya, membimbing (menuju jalan hak), menyiapkan (untuk menerima rahasiaNYA) dan mebersihkan (dari mencintai selainNYA) hatimu, serta menjernihkannya dari selainNYA.
- Ilmu itu ada dua macam: Ilmu (yang diperoleh dari) tulisan dan ilmu (yang diperoleh dari) dzauq (kesehatan&kebersihan ruh).
-Keutamaan itu untuk orang Alim (berilmu) meskipun sedikit amalnya daripada seorang Abid (ahli ibadah) meskipun banyak amalnya dan panjang umurnya.
- Syeikh Mahmoud Al Kurdy ra berkata: Ilmu itu lebih utama daripada amal.
- Ridha (menyerah) kepada nafsu adalah ciri kebodohan
- Syeikh Mahmoud Al Kurdy ra berkata: Janganlah engkau terpedaya dengan pujian orang kepadamu, karena engkaulah yang lebih tahu kepada dirimu sendiri
- Perjalan (tarbiyah ruhiyah) tanpa petunjuk (murobbi) akan lama dan panjang.
- Syeikh Mahmoud Al Kurdy ra berkata: Upaya membersihkan diri dari kotoran moral (penyakit nafsu) itu dengan menyerahkan diri (tarbiyah) kepada para syekh (murobbi), dan kegembiraan yang diperoleh ruh (ketentraman) karena dapat membersihkan jasad (mampu beramal dampak dari kebersihan ruh).
- Dermawan adalah merupakan kondisi jiwa orang-orang yang maqbul (disukai Allah), sedang pelit/kedekut merupakan perbuatan orang-orang yang dibenci Allah.
-Syeikh Mahmoud Al Kurdy ra berkata: Setia atau memenuhi janji adalah amanah

No comments: